SHOLAT HARI RAYA IDUL ADHA 10 DZHULHIJJAH 1437 H TAHUN 2016 DAN PEMOTONGAN HEWAN KURBAN DI MAKODAM VII/WIRABUANA

Pada hari ini Senin Tanggal 12 Juli 2016 Pukul 07:00 Wita telah dilaksanakan Perayaan Idul Adha 1437 H Tahun 2016 ini keluarga besar Kodam Wirabuana menggelar sholat Ied berjamaah di lapangan Makodam bersama ribuan masyarakat Kota Makassar. Lapangan Makodam setiap tahunnya selalu dipenuhi ribuan jamaah baik dari keluarga besar Kodam Wirabuana yang dipimpin langsung oleh Pangdam beserta jajarannya bersama masyarakat umum merupakan simbol kedekatan TNI dengan rakyat. Setelah pelaksanaan sholat dan khotbah, acara dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban. Keluarga besar Kodam Wirabuana di wilayah Makassar mengkurbankan 76 ekor sapi dan 36 ekor kambing.

IMG_20160914_081640

Makna qurban dalam idul adha adalah bahwa kita harus ikhlas dalam menjalankan cobaan dari Allah. Kata lainnya adalah saat kita “disembelih” Allah, maka ikhlaslah dan bertawakal sehingga dengan keikhlasan itu kita akan mendapatkan “domba” sebagai penggantinya.

IMG_20160914_081654

Hakikat qurban idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah.

Sebagaimana ujian Allah kepada nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekedar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha.
IMG_20160914_081701

Serbagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kita kepada Allah melalui lantaran hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.

Demikian arti, makna dan hakikat qurban idul adha dalam tradisi Islam yang dibangun sejak sepeninggal Nabi Ibrahim sampai sekarang. Semoga makna dan hakikat qurban idul adha dalam Islam memberikan manfaat nyata kepada kita semua untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.